follow

Affiliasi Bukan MLM

Salah satu jenis bisnis online yang sangat saya sukai adalah affiliasi. Dan saya sangat menyarankan Anda untuk melakukannya juga.

Kalau begitu, apa bedanya MLM dan affiliasi? Hmm…

Inti affiliasi == komisi dari penjualan barang / jasa. Uang didapat dari biaya pembelian barang / jasa. Tentu beda, beda jauh sekali antara salah satu bisnis yang saya ajarkan (bisnis affiliasi) dengan bisnis MLM.Inti MLM == komisi dari mengajak orang bergabung ke dalam jaringan bisnis tersebut. Uang diambil dari biaya bergabung dan top-up.

Bisnis MLM didesain untuk menguntungkan upline Anda (sponsor), sedangkan affliasi menguntungkan semua pihak. Sedangkan pada bisnis Affiliasi Anda tidak menguntungkan upline, tapi _menguntungkan diri Anda_ sendiri, dan tentunya pemilik toko.
MLM itu bisnis yang merugikan bawahan menguntungkan atasan. Sedangkan affiliasi adalah bisnis yang sama-sama menguntungkan semua pihak.

Contoh konkrit sistem affiliasi ::

Katakanlah begini, saya punya sebuah toko komputer. Lalu saya tawarkan kepada Anda sebuah perjanjian, dimana jika Anda mengajak orang membeli di toko saya, maka akan saya berikan komisi 15% dari keuntungan.

Esoknya Anda mengajak, orang lain ( si X ) membeli komputer di toko saya senilai US$ 1000, lalu saya memberi Anda komisi 15% (US$ 150) dari nilai pembelian komputer saya. Sederhana bukan?

Kalau sudah begini, siapa yang untung? Jawab : semua pihak!
Pemilik toko untung karena sales meningkat. Affiliate untung karena mendapat komisi. Pembeli untung karena tidak bingung memilih.
Sama-sama untung semua, kan?

Contoh konkrit lagi ::

Beberapa waktu yang lalu teman saya menawarkan sebuah tas laptop untuk saya beli. Dia bilang itu bukan barangnya, tetapi barang temannya. Dia mendapat komisi untuk menjualan tas itu.
Nah dalam kasus ini, teman saya == affiliate. Temannya teman saya == merchant (pemilik produk).

Pemilik tas untung karena barang terjual. Teman saya untung karena bisa mendapat uang tanpa perlu repot membuat produk dan mendistribusikan stok barang.
Sama-sama senang kan?

Contoh __bisnis ONLINE real__ dgn sistem affiliasi ::

amazon.com >> toko buku dan elektronik online terbesar dunia, kalau di Indonesia mirip dengan Gramedia Online. Amazon mengadakan program associate (affiliasi). Amazon menyediakan komisi 10% untuk setiap barang yang Anda jual.

Yang kita perlu lakukan cukup mendaftar dii sana (gratis) lalu mempromosikan produknya, misalnya dengan memasang bannernya di web kita. Setelah itu kita berusaha mengarahkan pengunjung web kita untuk membeli produk tersebut. Dan setiap penjualan, kita akan mendapat komisi.

Saya sendiri menjalankannya, dan Anda bisa melihat contohnya di sebelah kanan sidebar saya, itu ada banner-banner affiliasi yang bisa Anda klik. Tapi hati-hati, jika Anda melakukan transaksi setelah mengklik banner tersebut, saya akan mendapat komisi
Back to the topic. Jadi, apakah Anda masih akan mengatakan model bisnis affiliasi ala amazon ini sama dengan bisnis MLM? Bukan, jelas bukan. Amazon itu toko buku & elektronik online terbesar di dunia, tidak etis kalau ber-MLM!

Tidak ada yang mengatakan bahwa amazon itu bisnis MLM, sama sekali. Yah kecuali mgkn orang yang belum tahu bedanya MLM dan affiliasi =)

Contoh bisnis online sistem affiliasi lainnya ::

Ok, selain amazon, situs apa lagi yang menyediakan sistem affiliasi? Wuih, kalau yang ini jawabannya == ribuan situs! Model affiliasi ini adalah salah satu cara mengembangkan bisnis yang paling ideal, jadi wajar kalau para pemilik bisnis di seluruh dunia sangat menyukainya.
Berikut saya contohkan beberapa situs bisnis (selain amazon) yang menerapkan sistem affiliasi dalam memasarkan produknya.

grisoft.com >> Pembuat antivirus terkenal. Mengadakan sistem reseller dan affiliasi. Anda mendapat komisi dari setiap penjualan produk mereka.

dell.com >> pembuat komputer RAKSASA, nomor 3 terbesar di dunia(data tahun 2008). Mengadakan sistem affiliasi untuk diikuti. Anda mendapat komisi dari setiap penjualan produk mereka.

antispyware.com >> pembuat software anti hacker, anti spyware. Juga mengadakan affiliasi. Anda mendapat komisi dari setiap penjualan produk mereka.

hostgator.com >> penyedia layanan webhosting & domain terkenal di dunia. Juga mengadakan affiliasi. Anda mendapat komisi dari setiap penjualan produk mereka.

getresponse.com >> salah satu penyedia jasa email marketing terpercaya di dunia. Saya sendiri memanfaatkan jasa mereka, dan juga menjadi affiliate mereka.

car-auction.com >> balai lelang mobil terkenal. Juga menyediakan kesempatan menjadi affiliate.
Anda mendapat komisi dari setiap penjualan produk mereka.

box.net >> penyedia layanan penitipan file online. Juga menyediakan kesempatan menjadi affiliate. Anda mendapat komisi dari setiap penjualan produk mereka.

sony.com >> perusahaan elektronik RAKSASA. Juga menyediakan kesempatan menjadi affiliate. Anda mendapat komisi dari setiap penjualan produk mereka.

Dan masih banyak ribuan perusahaan lainnya yang mengadakan sistem affiliasi, baik itu perusahaan obat, elektronik, jasa, travel, telekomunikasi, retail, gaming, pendidikan, dll.
Semua perusahaan di atas memakai sistem affiliasi untuk menjaring lebih banyak untung dan membuka kesempatan bisnis kepada banyak orang. Sama-sama untung, sama-sama senang.

Jadi, masih beranggapan bahwa affiliasi == MLM ? Buang anggapan itu jauh-jauh! Ingat, MLM dan affiliasi itu berbeda jauh. Tidak ada yang mengatakan perusahaan-perusahaan besar di atas berbisnis MLM, kan? Yang ada, mereka memakai sistem affiliasi. Sangat jauh berbeda.

Jadi, sudah tidak mengira MLM == affiliasi kan? Sip!

Jadi, apa sekarang Anda berminat mencoba berbagai bisnis affiliasi?
Berminat? Sip! Mudah2an suatu saat kita bisa menjadi super affiliate seperti Rosalind Gardner yang mendapat US$ 500 RIBU setahun hanya dengan menjadi affiliate produk orang, atau

Jeremy Palmer yang menembus US$ 1 JUTA setahun dari menjual produk orang juga!


Artikel Terkait

By Djenggot with 0 comments

0 comments:

Leave a Reply