follow

Gempa Tasikmalaya

Bandung, tepatnya pukul 15:04 WIB diguncang gempa dengan skala sangat besar.

Lokasi Gempa yang berkekuatan 7,3 SR, terjadi di Tasik Malaya Jawa Barat, berikut peta lokasi nya :

Lokasi : 7.770°S, 107.324°E

Sumber Gempa :

95 km (60 miles) SSW of Bandung, Java, Indonesia
110 km (65 miles) SSE of Sukabumi, Java, Indonesia
115 km (70 miles) WSW of Tasikmalaya, Java, Indonesia
190 km (120 miles) SSE of JAKARTA, Java, Indonesia

Lihat di Google Map




GARUT - Gempa bumi berkekuatan 7,3 skala richter yang terjadi di Tasikmalaya petang tadi, getarannya juga terasa di Kabupaten Garut. Puluhan rumah warga rusak bahkan beberapa di antaranya roboh.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari lapangan, Rabu (2/9/2009), sejumlah rumah warga yang mengalami kerusakan di antaranya terjadi di Kecamatan Pamengpeuk, Kecamatan Karang Pawitan, dan Kecamatan Garut Kota.

Bahkan, salah satu ruko penjual sepatu di Jalan Cileduk, Garut Kota, juga tak kuasa menahan getaran hingga akhirnya roboh. Belum diketahui adanya korban jiwa akibat kejadian ini, namun kabarnya, sejumlah warga mengalami luka akibat gempa bumi yang sempat berpotensi tsunami tersebut.

Hingga berita ini diturunkan, ratusan warga Garut masih berada diluar rumah. Mereka belum berani kembali ke dalam rumah karena khawatir gempa susulan terjadi. "Nanti saja kita kembali ke rumah kalau benar-benar sudah aman," ujar seorang warga.

DENPASAR - Gempa 7,3 Richter yang berpusat di 142 kilometer sebelah barat daya Tasikmalaya, Jawa Barat, terasa hingga ke Pulau Bali. Sejauh ini, belum ada laporan korban maupun kerusakan.

Di Bali, kekuatan gempa yang dirasakan termasuk dalam skala II Modified Mercally Intensity (MMI). "Getarannya seperti halnya ketika ada truk yang melintas di depan kita," kata Kepala Bidang Data dan Informasi BMG Wilayah III Denpasar, Endro Tjahjono ketika dihubungi, Rabu (2/9/2009).

Endro menyatakan, getaran gempa di Bali lebih keciil dibandingkan sejumlah daerah di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Namun demikian, hampir semua masyarakat di Bali merasakannya.

Di Denpasar, gempa sempat membuat panik karyawan yang bekerja di gedung bertingkat. Selain merasakan getaran cukup kuat sekira setengah menit, mereka juga melihat sejumlah benda ikut bergoyang seperti lampu, kaca, dan sejumlah peralatan kantor.








Artikel Terkait

By Djenggot with 0 comments

0 comments:

Leave a Reply